Packing Frozen Foods

8 Tips Packing Frozen Foods untuk Pengiriman Luar Kota!

Packing frozen foods tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi barang tersebut harus dikirimkan ke luar kota. Packing yang benar memiliki peranan penting terhadap produk, peran dari kemasan yaitu menjaga kualitas frozen food. Sebenarnya masalah packing frozen food menjadi tantangan bagi pelaku bisnis atau UMKM.

Mengingat bahwasannya frozen food sangat potensial di pasar Indonesia dan bentuknya begitu variatif, maka dari itu pelaku bisnisĀ  atau UMKM harus menjaga kualitasnya walaupun mengalami kendala dalam pengiriman luar kota.

Bagi para pelaku bisnis atau UMKM yang bingung dengan kemasan frozen foods, kali ini ada tips yang bisa diterapkan untuk pengiriman frozen foods luar kota, diantaranya sebagai berikut:

Tips Packing Frozen Foods

Packing frozen foods
Produk Frozen Foods Butuh Packing Khusus

Saat ini, Anda mungkin memiliki produk frozen foods dengan mutu terbaik. Tetapi, packing yang salah berpotensi menurunkan mutu dimata pelanggan. Apalagi, ditambah pada saat sampai frozen foods ini sudah tidak layak dikonsumsi. Dari situasi seperti itu, mungkin Anda akan kehilangan pelanggan, waktu, tenaga, dan uang.

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengikuti tips packing frozen foods di bawah ini. Dengan begitu, Anda bisa mengirimkan produk ke luar kota secara efektif serta efisien.

1. Mempersiapkan produk frozen foods

Tips pertama adalah mempersiapkan produk frozen foods yang akan dikirimkan ke luar kota. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dan harus dichecklist.

Berikut ini beberapa checklist yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut:

  • Memastikan produk yang akan dikirim ke luar kota dalam keadaan beku
  • Masa kadaluwarsa produk masih lama
  • Kemasan produk tidak terbuka
  • Kemasan produk sangat kuat dan tertutup rapat

2. Memilih wadah pengiriman produk frozen foods

Ketika Anda selesai melakukan checklist pada produk frozen foods layak kirim ke luar kota, selanjutnya pilihlah wadah pengiriman produk. Ada baiknya Anda menggunakan wadah pengiriman yang mampu menahan kondisi beku frozen foods.

Ada beberapa rekomendasi wadah yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis atau UMKM produk frozen foods, diantaranya sebagai berikut:

  • Styrofoam
  • Kardus dengan lapisan busa berinsulasi
  • Kotak dengan lapisan bubble wrap termal

3. Mempersiapkan alat pengemasan frozen foods

Setelah selesai memilih wadah packing frozen foods, selanjutnya persiapkan alat pengemasan. Packing produk ini berbeda dengan produk biasanya. Jadi, memang dibutuhkan alat-alat khusus selama pengemasan.

Ada beberapa alat khusus pengemasan frozen foods diantaranya yaitu wadah frozen foods, dus karton, bubble wrap, potongan karton, ice gel, lakban, dan alumunium foil. Jadi, para pebisnis atau pelaku UMKM harus memiliki peralatan tersebut.

4. Membungkus frozen foods menggunakan bubble wrap dan alumunium foil

Siap dengan alat pengemasan frozen foods, Anda harus membungkus frozen foods dengan segera. Jangan lupakan untuk melapisinya dengan bubble wrap maupun alumunium foil.

Begini langkah yang tepat untuk melakukan pembungkusan produk, diantaranya sebagai berikut:

  • Melapisi bagian atas dan bawah produk dengan bubble wrap beserta ice gel
  • Menempatkan alumunium foil setelah membungkus produk dengan bubble wrap secara rapat

5. Memasukkan ke wadah

Setelah melakukan pembungkusan, Anda harus memasukkannya ke wadah. Ketika packing produk, jangan lupa untuk menambahkan sistem pendingin ruangan kosong. Ada hal yang harus digarisbawahi, jangan menggunakan es batu selama packing frozen foods. Mengingat bahwasannya es batu sendiri mudah sekali untuk mencair.

6. Memilih kotak luar yang kuat

Ketika urusan membungkus aman semuanya, Anda bisa memasukkan produk ke dalam kotak lapisan terluar yang kuat. Harus tanpa adanya ruang. Dengan kotak luar tanpa sisa, mencegah yang namanya benturan produk frozen foods saat ini. Lebih tepatnya mengurangi ruang gerak selama pengiriman ke luar kota.

Saat ada ruang yang cukup besar antara lapisan pembungkus dalam dengan kotak luar, bisa Anda isi dengan sobekan kertas maupun potongan karton.

Setelah tidak ada ruang, rekatkan seluruh kotak luar dengan lakban yang telah disediakan sebelumnya.

7. Memperhatikan timing pengiriman ke luar kota

Ada hal yang sebenarnya sangat penting untuk pengiriman ke luar kota yakni lama waktu transit itu sendiri. Maka dari itu, pilihlah ekspedisi frozen foods yang tepat. Pastikan untuk memilih ekspedisi dengan waktu transit tercepat agar frozen foods aman sampai tujuan,

8. Menunda pengiriman ketika diperlukan

Kalau ada kondisi yang kurang memungkinkan, ada baiknya menunda pengiriman produk frozen foods. Misalkan ada bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan sebagainya.

Apabila kondisi pengirimannya ada kendala, Anda harus melakukan komunikasi dengan pihak ekspedisi untuk memastikan keterlambatan berapa hari. Selanjutnya, Anda bisa follow up dengan konsumen.

Itulah 8 tips packing frozen foods masa kini. Anda bisa menerapkannya sekarang juga. Apabila Anda beres melakukan packing frozing food, lakukan pengiriman secepatnya. Ada baiknya menggunakan jasa door to door agar tidak merepotkan Anda. Apabila Anda masih mengalami kebingungan untuk pengiriman frozen foods luar kota, bisa hubungi Instagram @accesslogistik.

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article