kolaborasi bisnis

Alasan Kolaborasi Bisnis dapat Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mengapa tidak memulai untuk melakukan kolaborasi bisnis? Dalam memulai sebuah bisnis sendiri beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan adalah harus dapat bekerja sendiri, karena menganggap pihak lain merupakan kompetitor yang berusaha untuk menyaingi bisnismu. Kenyataannya, kolaborasi bisnis dapat membantu menumbuhkan bisnis serta menciptakan ikatan dengan bisnis lainnya. Bahkan, bekerja sendiri tanpa melibatkan pihak lain justru akan membatasi dalam menyelesaikan masalah. Dalam kesulitan, tentunya sangat wajar apabila meminta saran dan bantuan kepada pihak lain. Untuk mendapatkan bantuan ini, tentunya yang dapat kita lakukan adalah melakukan kolaborasi bisnis.

kolaborasi bisnis

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan kolaborasi bisnis dengan pihak lain. Berikut enam alasan mengapa kamu perlu melakukannya. Dan bagaimana manfaat kolaborasi usaha atau bisnis ini akan mempengaruhi kelancara bisnis anda.

1. Anda tidak bisa melakukan semua sendirian kolaborasi bisnis adalah solusinya

Beranggapan bahwa dapat melakukan semuanya sendiri, justru akan menyulitkan saat bisnis telah berjalan, tentunya anda akan membutuhkan bantuan, dan bantuan tersebut bisa anda dapatkan dari pihak lain yang menjalankan bisnis serupa. Bantuan dari pihak lain bisa dengan cara menawarkan produk secara bersamaan atau saling berbagi ide. Dalam dunia bisnis tentunya akan banyak yang ingin menjalin kolaborasi bisnis dan anda hanya perlu menemukan rekan yang tepat.

2. Kolaborasi bisnis akan memberikan inspirasi baru

Menjalankan rutinitas kegiatan operasional bisnis dapat membuatmu lupa bahwa ada cara dan kemungkinan lain yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, seperti teknik yang berbeda untuk dicoba, serta alat-alat baru yang bisa menghemat waktu dan uangmu. Anda mungkin bisa saja membaca blog, majalah, dan buku untuk menemukan inspirasi. Namun, jika tidak seimbang dengan berkomunikasi, berbagi informasi, dan berdiskusi tentang itu, manfaat yang kamu dapatkan akan terbatas.

Kolaborasi akan membuat anda mendapatkan wawasan baru dari mitra bisnis. Sehingga Anda dituntut untuk berpikir dengan cara yang berbeda, dan dapat memicu kreativitas, mendapatkan perspektif baru, dan pada akhirnya akan membantu anda menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.

3. Kolaborasi bisnis akan membantumu memperluas jaringan

kolaborasi bisnis

Rata-rata pengusaha yang sukses memiliki minat yang tinggi untuk bertemu orang baru dan membangun relasi, baik itu secara personal maupun untuk urusan bisnisnya. Untuk sukses dalam bisnis, Anda perlu konsisten untuk membangun koneksi dengan banyak pebisnis lainnya, terutama dengan mereka yang berpotensi dapat berkolaborasi dengan bisnis anda.

Dengan kolaborasi ini, anda akan bisa memperluas jaringan dengan pihak lain yang mungkin belum anda kenal sebelumnya. Namun, berkat kolaborasi yang dibangun pastinya akan membuat bisnis anda akan semakin berkembang.

4. Kolaborasi bisnis adalah pembelajaran

Salah satu manfaat terbesar dari kolaborasi bisnis adalah kesempatan yang sangat besar untuk belajar hal-hal baru. Faktanya, setiap interaksi yang dilakukan dengan orang baru tentunya akan membuat anda mendapatkan hal-hal yang baru juga.

Pada kolaborasi bisnis ini, biasanya kamu akan melibatkan dua orang professional, yaitu anda dengan mitra bisnis anda yang nantinya akan membawa dua keahlian, perspektif, dan keunggulan yang berbeda. Pada saat kondisi seperti ini sudah berhasil anda ciptakan dan tentunya memiliki kesempatan besar untuk mempelajari sesuatu.

5. Kolaborasi akan menyelesaikan masalah 

kolaborasi bisnis

Ada alasan mengapa crowdsourcing menjadi begitu populer, yaitu dengan keunggulan jumlah. Jika satu orang tidak bisa menyelesaikan suatu masalah sendirian, dua atau tiga orang lainnya mungkin dapat menyelesaikannya. Pikirkan masalah sulit yang terakhir anda hadapi. Ketika anda merasa bingung, kemungkinan anda akan mencari masukan dari mitra, mentor, ataupun sumber terpercaya lainnya yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Semakin sulit masalahnya, semakin banyak masukan yang akan kamu dapatkan dari orang lain. Ketika kamu mengkolaborasikan sudut pandang dan pengalaman baru dalam proses penyelesaian masalah, bisa jadi hasilnya akan lebih baik dari yang kamu bayangkan atau inginkan. Masukan-masukan tersebut akan kamu tarik kesimpulannya dengan trial and error yang akan membawamu kepada keputusan yang baik.

6. Kolaborasi bisnis adalah win-win

Dalam semua elemen tersebut adalah milik beberapa orang yang disatukan dalam lingkup yang bernama kolaborasi, dan tentu saja saling menguntungkan. Atau bisa diistilahkan dengan simbiosis mutualisme, yang saling menguntungkan. Berikut adalah manfaat dari kolaborasi bisnis atau usaha yang akan membuat bisnismu berkembang maju. Bagi kamu pelaku bisnis yang mengandalkan pengiriman, bisa bekerja sama dengan Access Logistik untuk memudahkan kelancaran bisnismu!. Kami menyediakan jasa pengiriman yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan pengiriman mulai dari door to door, door to port,  bahkan port to port . Kelancaran bisnis dengan layanan costumer service yang siap membantu dan memberi solusi pada masalah pengiriman jika sewaktu-waktu terjadi.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn