klaim asuransi pengiriman barang

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Pengiriman Barang?

Ketika dalam proses pengiriman barang, terdapat berbagai hal  atau masalah yang bisa saja terjadi terhadap barang kiriman tersebut. Kita harus memahami masalah dalam pengiriman dan solusinya. Beberapa contohnya barang yang rusak, mengalami cacat fisik, hingga barang yang hilang. Untuk menghindari itu semua, diperlukan asuransi pengiriman barang untuk menjamin keamanan barang. Lantas bagaimana melakukan klaim asuransi pengiriman apabila barang telah rusak, cacat, atau hilang? Berikut cara melakukan klaim asuransi pengiriman barangnya. 

Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang

klaim asuransi pengiriman

Mengingat proses pengiriman barang adalah proses yang berkaitan dengan proses pembelian dan penerimaan barang, baik itu dengan layanan door to door atau layanan door to port dan sebagainya, alur logistik yang belum end to end, tentu berbagai macam hal dapat saja terjadi. Terlebih proses pengiriman barang cukup penting dalam perkembangan bisnis digital seperti saat ini. Baik pengirim maupun penerima sama-sama menginginkan hasil yang memuaskan agar tidak ada kerugian yang dialami salah satu pihak. 

Untuk itu, dalam setiap proses pengiriman barang yang dilakukan jasa pengiriman barang, pastikan selalu agar barang yang Anda kirimkan dapat sampai dalam kondisi baik diterima oleh penerima melalui layanan asuransi pengiriman barang. Dengan adanya jaminan tersebut, barang yang akan diterima oleh pelanggan nantinya tetap dalam kondisi yang baik dan tidak rusak. Sehingga baik pengirim maupun penerima tidak akan merasa resah dalam proses pengiriman barang tersebut. Jika nanti ternyata terjadi kendala dalam proses pengiriman barang, seperti barang rusak atau cacat bahkan hilang, dengan menggunakan asuransi, barang tersebut dapat diproses kendalanya melalui klaim asuransi.  

Baca juga: Wajib Tahu Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang Logistik

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Pengiriman Barang 

klaim asuransi pengiriman

Asuransi pengiriman barang perlu dipikirkan ketika hendak melakukan proses pengiriman barang. Dengan menggunakan asuransi pengiriman, barang Anda dapat sampai di tujuan dengan selamat, aman, dan dalam kondisi yang baik. Namun bagaimana jika barang yang diterima tidak sesuai dengan kondisi yang diharapkan? Tenang. Anda dapat melakukan klaim asuransi pengiriman barang. 

Klaim asuransi pengiriman barang dilakukan ketika sudah menggunakan layanan asuransi pengiriman barang dan kemudian barang yang diterima mengalami kerusakan atau barang hilang yang tidak sampai di tujuan. Untuk mengetahui cara melakukan klaim asuransi pengiriman barang kepada pihak layanan jasa pengiriman barang, perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Foto barang yang rusak

Selalu biasakan ketika mengirim maupun menerima kiriman untuk mendokumentasikan barang tersebut. Sehingga ketika terjadi kerusakan terhadap barang di dalamnya, penerima dapat melakukan klaim asuransi terhadap barang yang rusak. Jadi dokumentasi yang dilakukan sebagai bukti bahwa barang yang sampai ditujuan rusak akibat proses pengiriman barang tersebut. Dokumentasi terhadap barang yang rusak ini adalah bukti yang kuat untuk melakukan klaim asuransi pengiriman barang.  

2. Menghubungi pihak jasa pengiriman barang

Ketika Anda sudah memiliki bukti berupa dokumentasi barang yang rusak, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak jasa pengiriman barang yang melakukan proses pengiriman barang. Bisa dengan menghubungi pihak CS atau mendatangi langsung kantor jasa pengiriman terkait. Dengan menghubungi pihak jasa pengiriman barang, maka Anda akan dapat melakukan klaim kepada pihak pengiriman terhadap barang yang rusak tersebut. Ini karena yang memegang peranan penting dalam proses pengiriman barang ke tempat tujuan. Selain itu, jasa pengirim juga yang menawarkan layanan asuransi pengiriman barang, jadi klaim asuransi pengiriman dapat dilakukan bersama pihak jasa pengiriman barang. 

3. Menyiapkan dan membawa dokumen yang diperlukan

Sebelum proses pengajuan klaim asuransi pengiriman barang Anda diterima, biasanya pihak jasa pengiriman akan meminta beberapa dokumen persyaratan yang harus Anda lampirkan sebagai persyaratan. Dokumen-dokumen yang diminta digunakan untuk menunjukkan bahwa barang yang dikirim memang benar barang milik Anda dan Anda memang memiliki kepentingan dalam proses pengiriman tersebut. Jadi Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan selain bukti dokumentasi barang yang rusak. 

Beberapa dokumen yang biasanya diperlukan berupa invoice, nomor resi, bukti menggunakan asuransi pengiriman barang berupa resi asuransi atau surat klaim dan beberapa dokumen lainnya yang diminta pihak jasa pengiriman, yang masih berhubungan dengan proses pengiriman. 

Persiapkan Hal Ini Sebelum Klaim Asuransi Pengiriman Barang

klaim asuransi pengiriman

Anda juga harus mengetahui beberapa jenis asuransi pengiriman barang yang umum digunakan. Serta agar tidak membingungkan ketika mengajukan klaim asuransi pengiriman barang, pastikan Anda mengetahui 4 hal penting ini sebelum mengajukan klaim asuransi barang tersebut:

  1. Pastikan polis asuransi perlindungannya bersifat aktif
  2. Melengkapi data formulir dan dokumen klaim yang diperlukan selama proses pengajuan asuransi pengiriman barang
  3. Pastikan untuk mengajukan klaim asuransi pengiriman secepatnya dengan jarak waktu maksimal 30 hari, setelah Anda menerima barang yang rusak
  4. Isian pada data formulir klaim harus asli. Kecuali dokumen pendukung lainnya yang diperlukan dalam proses pengajuan asuransi, diperbolehkan menyertakan dokumen fotokopi terlegalisir.

Setelah mengetahui cara klaim asuransi pengiriman barang yang mudah, Anda akan semakin mengetahui betapa pentingnya menggunakan asuransi pengiriman barang. Meski jasa pengiriman memberikan jaminan bahwa proses pengiriman akan dilakukan dengan aman dan terjamin, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan layanan asuransi pengiriman barang untuk membuat barang Anda tetap terjamin dari kerusakan maupun kehilangan. 

Untuk pengiriman barang yang aman dan terjamin, Anda dapat mempercayakannya kepada Jasa Pengiriman Barang Access Logistik. Selain menjamin proses pengiriman yang aman dan terjamin, Access Logistik juga menyediakan asuransi pengiriman barang yang dapat menjamin kondisi barang Anda dengan baik hingga ke tangan penerima. Dengan adanya asuransi pengiriman barang Access Logistik, pengiriman barang menjadi enjoy karena tidak perlu khawatir akan kondisi barang selama proses pengiriman. Percayakan pengiriman barang logistik Anda bersama Access Logistik.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article