cara packing makanan beku

Ini Dia 6 Cara Packing Makanan Beku Agar Aman Saat Pengiriman

Bisnis frozen food atau makanan beku sedang banyak digandrungi oleh pelaku bisnis. Bisnis ini menjadi kian menjamur karena diminati oleh masyarakat yang menilai bahwa makanan beku ini simple dan praktis untuk diolah dan dikonsumsi. Namun, karena makanan beku bersifat mudah busuk atau basi di luar suhu ruangan, maka perlu dipersiapkan dengan baik cara packing makanan beku. Packing yang baik dan benar akan menjaga kualitas dan rasa makanan sehingga dapat awet selama proses pengiriman dan aman saat diterima oleh konsumen. 

Cara Packing Makanan Beku Anda

cara packing makanan beku

Mungkin banyak dari Anda mencari cara packing risoles frozen, dan banyak makanan jenis frozen lainnya. Makanan beku yang biasanya dijual untuk kemudian dikirim merupakan makanan yang disimpan dalam freezer. Makanan-makanan ini disimpan dalam suhu yang dingin agar lebih awet kualitas dan rasanya. Itulah mengapa makanan-makanan ini disebut dengan makanan beku atau frozen food. Makanan beku atau frozen food yang paling diminati biasanya seperti sosis, nugget, daging ayam olahan, daging asap, dimsum, bakso, ikan olahan, dan sebagainya Berikut ini beberapa cara packing makanan beku agar aman saat pengiriman yang perlu diperhatikan dalam pengemasannya.

1. Pastikan Kondisi Makanan dalam Keadaan Bersih

cara packing makanan beku

Tahap paling penting dalam melakukan pengiriman barang frozen adalah memastikan kondisi makanan dalam keadaan bersih. Baik makanan matang, setengah matang, maupun makanan mentah harus dipastikan kebersihannya. Seperti memastikan tidak ada makanan yang busuk, tidak ada makanan yang kotor, menggunakan kemasan yang bersih dan tidak rusak, serta kemasan terbebas dari benda asing yang dapat menyebabkan jamur dan bakteri. Dengan kondisi makanan yang bersih, akan membuat makanan menjadi lebih tahan lama saat proses pengiriman. 

Baca juga: Wajib Tahu Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang Logistik

2. Menggunakan Kemasan Kedap Udara

Selain kondisi makanan yang bersih, menggunakan kemasan kedap udara juga dapat membuat makanan terhindar dari bakteri dan jamur penyebab makanan frozen basi. Jenis kemasan kedap udara yang aman digunakan seperti plastik berbahan Poly Ethyl (PE) dan High Density Polyethylene (HDPE). Mengemas makanan frozen dalam kemasan kedap udara dapat menjaga suhu makanan agar tetap fresh sampai ditangan konsumen. Karena kemasan kedap udara tidak memberikan ruang bebas untuk pertumbuhan jamur dan paparan udara bebas maupun partikel asing. Sehingga makanan frozen memiliki daya tahan produk yang lebih lama.

3. Packing dengan Bubble Wrap atau Kardus

Setelah melakukan pengemasan produk makanan yang baik dan benar, selanjutnya adalah melakukan packing makanan beku. Sebenarnya untuk cara packing makanan beku sama saja dengan packing barang-barang lain. Dapat menggunakan bubble wrap dan kardus, seperti contoh kardus ikan beku. Untuk melindungi kualitas makanan beku, Anda dapat melapisi makanan beku dengan bubble wrap atau kardus atau pelindung barang saat pengiriman lainnya. Dapat juga menggunakan keduanya jika pemesanan dilakukan lebih dari 1 barang. Bubble wrap mampu melindungi makanan dari guncangan dan bantingan saat proses pengiriman barang. 

4. Menggunakan Cooling Gel Selama Perjalanan

Untuk memastikan selama perjalanan makanan frozen tetap awet hingga sampai di alamat konsumen, Anda dapat menggunakan cooling gel untuk cara packing makanan beku. Cooling gel juga dapat digunakan jika jasa pengiriman barang frozen yang Anda pilih tidak memiliki armada khusus yang memiliki pendingin. Cooling gel merupakan gel pendingin yang mampu bertahan lama menjaga suhu dalam suatu wadah tertentu dalam keadaan beku. Sebelum melakukan pengiriman, cooling gel dapat dibekukan terlebih dulu. Setelah beku, cooling gel dapat dimasukan ke dalam wadah berisi makanan frozen yang akan Anda kirim.

5. Menggunakan Cooler Box

cara packing makanan beku

Alternatif lain dari penggunaan cooling gel adalah menggunakan cooler box. Cooler box ada yang berbahan wadah plastik, kardus, dan ada juga yang berbahan styrofoam. Cooler box yang paling sering digunakan adalah cooler yang berbahan styrofoam. Ini karena harganya yang terjangkau, mampu menjaga suhu dingin, dan mampu menahan guncangan maupun benturan dari benda lain. Untuk pengiriman barang frozen dengan jumlah yang cukup banyak, Anda dapat meletakkan cooling gel di dalam cooler box styrofoam dalam satu wadah, agar suhu dingin tetap terjaga.

6. Hindari Freeze Burn

Freeze burn dalam makanan beku merupakan tantangan yang harus dipertimbangkan dengan seksama oleh penjual. Freeze burn merupakan kondisi dimana makanan frozen akan mengalami perubahan warna, tekstur, bentuk, dan tentu kualitas dari makanan itu sendiri. Sehingga makanan yang mengalami freeze burn ini menjadi tidak layak konsumsi dan berbahaya bagi kesehatan. 

Freezer burn dapat terjadi terhadap makanan beku jika makanan beku mengering. Keringnya makanan yang beku diakibatkan dari udara yang masuk dalam kemasan makanan dan mengenai makanan di dalamnya. Sehingga air akan menguap dari makanan karena suhu dingin yang sudah tidak lagi konsisten. Inilah alasan pentingnya mengecek ulang kondisi kemasan makanan maupun mengecek kembali cara packing makanan beku, apakah sudah benar atau ada yang berlubang atau bocor. Dalam pengiriman barang jenis ini juga, bisa ditambahkan  stiker pengiriman barang yang berisi tanda bahwa makanan butuh disimpan dalam temperatur tertentu. Agar petugas logistik maupun warehouse dapat memberi perlakuan sesuai dengan stiker jenis barang. 

Untuk menghindari kegagalan daya tahan barang atau makanan frozen, Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai tuntunan safe food handling practice for frozen goods, yang khusus membahas mengenai suhu barang, penempatan barang secara spesifik. Hal ini bisa diperhatikan baik pengiriman frozen food kecil hingga besar. 

Cara packing makanan beku harus memikirkan daya tahan. Memastikan bahwa makanan sudah sesuai dengan prosedur pembuatan yang berkualitas baik dan cara packing makanan beku yang benar seperti menutup rapat dan membuat kemasannya menjadi kedap udara, merupakan salah satu cara untuk menghindari makanan beku terkena freeze burn. 

Nah itu dia 6 cara packing makanan beku yang baik dan benar. Anda wajib mengetahui cara-cara ini sebelum mengirimkan makanan beku Anda kepada konsumen. Jangan sampai makanan yang sampai ke konsumen merupakan makanan basi akibat dari cara packing makanan beku yang salah. Selain memastikan kemasan yang baik dan benar untuk makanan beku, menggunakan transport frozen food atau  jasa pengiriman barang yang terpercaya yang membantu mengirimkan makanan beku Anda. Terlebih bagi perusahaan yang memiliki layanan khusus bisa berupa jasa door to door dan layanan sehari sampai yang bisa melayani pengiriman barang frozen, tentu akan lebih memudahkan Anda untuk mendistribusikan bisnis frozen food Anda.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article