jasa pengiriman barang via kereta api

Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Via Kereta Api Untuk Mengirim Kendaraan

Saat ini pengiriman barang dapat melalui layanan jasa pengiriman barang via kereta api, terutama bagi Anda yang ingin mengirim kendaraan Anda ke kota lain. Pengiriman kendaraan ini biasanya dilakukan bagi mereka yang ingin merantau ke kota lain, atau sekedar berlibur namun dengan membawa kendaraan milik sendiri. Berbagai macam alasan inilah yang akhirnya membuat jasa pengiriman barang via kereta api menjadi pilihan untuk kirim barang. Menggunakan kereta api dinilai lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan menggunakan jasa layanan kirim barang menggunakan truk.

Keunggulan Mengirim Kendaraan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Via Kereta Api

jasa pengiriman barang via kereta api

Jasa pengiriman barang via kereta api ini merupakan layanan port to port. Artinya, pengirim dan penerima barang harus mengantarkan dan mengambil barang kiriman di stasiun KA yang terdekat dekat wilayah sekitar pengirim dan penerima, yang stasiunnya dapat melayani pengiriman barang. Pengiriman kendaraan menggunakan jasa pengiriman barang via kereta api dapat menjadi pilihan ekonomis. Mengapa? 

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan menggunakan jasa pengiriman barang via kereta api yang dapat menjadi pertimbangan bagi Anda:

1. Menghemat ongkos kirim

Ongkos kirim yang terjangkau menjadi poin penting bagi pengguna jasa pengiriman barang logistik. Hal ini dapat menguntungkan karena dapat menghemat anggaran pengiriman barang terutama bagi pemilik bisnis yang harus mengirimkan barangnya dalam jumlah yang besar. Budget pengeluaran untuk jasa pengiriman barang logistik menjadi lebih hemat dan terjangkau dengan penggunaan jasa pengiriman barang via kereta api ini. Sehingga biaya pengiriman dapat dialokasikan ke bagian lain yang membutuhkan anggaran bisnis.

2. Durasi pengiriman yang tepat waktu

Selain harga yang terjangkau, durasi pengiriman yang cepat juga banyak dicari oleh pengguna jasa pengiriman barang via kereta api. Dengan durasi pengiriman yang tepat waktu, pengiriman barang akan menjadi efektif bagi sebagian besar pengguna jasa. 

Minimnya hambatan saat proses pengiriman barang via kereta api, membuat durasi pengiriman menjadi lebih cepat dan tepat waktu. Karena jadwal pemberangkatan dan jadwal tiba kereta api sudah diatur dan tentukan oleh pihak kereta api. Jalur kereta api yang dilalui sendiri tanpa bergantian dan mengalami kemacetan juga menjadi penyebab pengiriman barang via kereta api menjadi tepat waktu.

3. Muatan barang yang lebih banyak

jasa pengiriman barang via kereta api

Kereta api logistik mampu memuat barang logistik dalam jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan armada logistik jalur darat seperti truk atau tronton. Karena banyaknya gerbong dalam satu rangkaian khusus logistik, membuat muatan barang menjadi lebih banyak daripada armada darat. Sehingga wajar jika kereta api lebih efisien digunakan untuk proses pengiriman barang jumlah besar. Pada muatan ini juga bisa diterapkan pengaturan pengiriman barang FCL dan LCL

4. Pilihan pengiriman yang terjamin aman

Sudah bukan rahasia umum bahwa kereta api memiliki jalur perlintasan sendiri untuk berpindah dari satu lokasi menuju lokasi yang lainnya. Jalur milik sendiri inilah yang membuat kereta menjadi pilihan pengiriman yang terjamin aman. Bentuk gerbong kereta yang tertutup juga menjadi jaminan bahwa pengiriman barang dapat dilakukan dengan aman tanpa halangan. Sehingga barang dapat sampai di lokasi tujuan dengan kondisi yang baik dan benar.

Cara Mengirim Kendaraan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Via Kereta Api

Mengirim kendaraan menggunakan jasa pengiriman barang via kereta api dapat mempermudah proses pengangkutan kendaraan Anda dari satu tempat ke tempat yang lain. Anda dapat memilih beberapa perusahaan pengiriman kereta logistik yang terpercaya, seperti Access Logistik misalnya. 

Access Logistik menyediakan jasa pengiriman kendaraan untuk layanan barang diantar ke port logistik seperti stasiun maupun pelabuhan. Access Logistik juga akan membantu pengiriman kendaraan dengan aman, mulai dari proses packing kendaraan hingga kendaraan diterima dengan aman di lokasi tujuan. Selain itu Access Logistik juga menawarkan layanan asuransi barang untuk lebih menjamin kondisi kendaraan Anda. Sehingga, Anda tidak perlu repot mengantarkan kendaraan Anda ke port logistik dan juga tidak perlu repot mengambil kendaraan Anda di port logistik. Access Logistik akan membantu Anda untuk menjemput dan mengantarkan kendaraan yang Anda kirim.

Namun, untuk tata cara pengiriman kendaraan memiliki cara yang hampir sama. Bagaimana caranya? Lakukanlah hal-hal berikut ini saat Anda menggunakan layanan kereta logistik di stasiun pengiriman:

1. Mengosongkan tangki kendaraan

Saat Anda ingin mengirim kendaraan menggunakan kereta api logistik, Anda wajib mengosongkan tangki kendaraan Anda saat proses pengiriman. Ini untuk menghindari panas yang akan terjadi saat kendaraan Anda berada di dalam gerbong kereta dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Jadi Anda wajib untuk mengosongkan tangki kendaraan. 

Selain itu, Anda juga dapat mencopot beberapa bagian kendaraan yang mudah rusak atau pecah seperti sayap motor di bagian depan atau kaca spion pada motor. Kemudian, Anda dapat mengambil gambar kondisi kendaraan sebelum pengiriman untuk mengetahui kondisi kendaraan nantinya setelah tiba di kota tujuan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan atau kejadian lain yang tidak diinginkan, mengingat tidak tersedianya asuransi pengiriman kendaraan saat menggunakan jasa pengiriman barang ini.

2. Memeriksa tarif pengiriman

Sebelum bergegas menuju stasiun untuk mengirimkan kendaraan, Anda dapat terlebih dahulu memeriksa tarif pengiriman, dari kota asal Anda mengirim kendaraan kemudian menuju kota tujuan kendaraan akan dikirim. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menanyakan kepada pihak Customer Service penyedia jasa pengiriman atau dapat mengeceknya melalui website resmi penyedia jasa pengiriman.

3. Menyiapkan dokumen pendukung

jasa pengiriman barang via kereta api

Setelah mengetahui tarif pengiriman dan Anda sudah memutuskan untuk menggunakan jasa pengiriman barang via kereta api, Anda dapat menyiapkan beberapa dokumen pendukung sebelum beranjak menuju stasiun. Dokumen pendukung yang biasa dibutuhkan untuk proses pengiriman kendaraan adalah STNK dengan ketentuan pajak kendaraan yang masih aktif saat proses pengiriman barang dan menyertakan fotocopy KTP pemilik kendaraan. Selain STNK dan KTP, Anda dapat memberikan kunci kendaraan kepada petugas pengiriman untuk proses pemindahan kendaraan yang lebih mudah. 

Setelah semua salinan dan persyaratan telah dipenuhi, Anda akan mendapatkan salinan surat pengantar barang yang juga memuat nomor resi. Nomor resi ini nantinya dapat digunakan sebagai bukti pengambilan kendaraan saat kendaraan tiba di stasiun tujuan. Jadi penting untuk menyimpan nomor resi ini dengan sangat hati-hati.

Proses pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman barang via kereta api memiliki durasi sekitar 2 hingga 3 hari, tergantung dari jarak lokasi pengiriman antara lokasi pengiriman dan lokasi pengambilan kendaraan, serta tergantung dari ketersediaan space dalam rangkaian gerbong kereta pengiriman. Tarif pengiriman yang tertera pada website resmi penyedia jasa pengiriman barang belum termasuk biaya packing dan asuransi. Sehingga ketika terjadi kerusakan, menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan. Inilah mengapa, penting sekali untuk melepas beberapa bagian kendaraan yang mudah rusak dan menggunakan jasa packing yang tersedia di stasiun agar kendaraan menjadi lebih aman saat proses pengiriman.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article