Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3

K3, KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA

Apa itu keselamatan dan kesehatan kerja (K3)?

1. Arti dari k3 atau keselamatan dan  kesehatan kerja adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja bagi tenaga kerja maupun orang lain di tempat kerja.
2. K3 keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan kerja diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 1/1970 tentang keselamatan kerja yang mendefinisikan tempat kerja sebagai ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja. Termasuk tempat kerja ialah semua ruangan, lapangan, halaman dan sekelilingnya yang merupakan bagian-bagian atau berhubungan dengan tempat kerja tersebut. K3 juga diterapkan di lingkungan kerja Access Logistik, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Baik itu dalam proses pengiriman barang dari door to door hingga port to port. Semua kegiatan akan diawasi dan mengikuti pedoman K3.

Mengapa K3 di Lingkungan Perusahaan itu Penting?

1. Bila sebuah perusahaan mempekerjakan pekerja, maka lingkungan perusahaan menjadi tempat kerja bagi karyawannya, karyawan berhak atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
2. Pada umumnya kita menganggap bahwa perusahaan merupakan lingkungan yang aman. Namun sebenarnya ada banyak sumber bahaya kerja dalam lingkungan perusahaan, seperti: peralatan listrik, armada, barang – barang, kompor gas, pisau, tindakan kriminal, ergonomi (posisi kerja), dsb.

Pengelompokkan Jenis Bahaya
Jenis – jenis bahaya dapat dikelompokkan sbb :

A. Aparatus atau terjepit yaitu jenis bahaya yang disebabkan terjepitnya anggota badan oleh sesuatu, contohnya jari tangan terjepit di sela – sela pintu.
B. Big heavy yaitu anggota badan tertimpa benda berat contoh jari – jari kaki tertimpa barang dengan berat lebih dari 30 kg
C. Car yaitu jenis kecelakaan anggota badan tertabrak oleh benda bergerak sejenis kendaraan bermotor
D. Drop yaitu anggota badan terjatuh akibat terantuk benda atau yang lainnya dimana peletakkannya tidak standar
E. Electricity yaitu semua jenis kecelakaan yang disebabkan oleh listrik seperti kesetrum dll
F. Fire yaitu semua jenis kecelakaan yang disebabkan oleh api seperti kebakaran dll

Pelatihan memadamkan api menggunakan APAR

Berbicara tentang keselamatan kerja dan kesehatan kerja, dijadikan sebagai pedoman menangani, menghindari atau mengatasi masalah dan bahaya. Salah satu jenis bahaya yang sering terjadi diperusahaan perusahaan adalah jenis bahaya F (Fire), untuk itu managemen perusahaan menganggap penting masalah bahaya fire ini dapat mengancap keselamatan dan kesehatan karyawan. Oleh sebab itu meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan alat pemadam api dilingkungan perusahaan dan melakukan pelatihan untuk seluruh karyawannya secara rutin. Ini adalah salah satu contoh k3 di perusahaan atau penerapan kesehatan kerja di perusahaan. Dapatkan informasi dan pengetahuan lainnya hanya di sini.

Pelatihan memadamkan api menggunakan APAR

 

Latihan memadamkan api oleh security adalah salah satu penerapan k3 perusahaan. 

Salah satu staf wanita mencoba memadamkan api

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article