menerima paket saat pandemi

Tips Menerima Paket Saat Pandemi Agar Tetap Aman

Saat masa pandemi seperti sekarang, membuat masyarakat melakukan belanja online untuk memenuhi sebagian kebutuhannya. Selain lebih mudah, berbelanja online juga lebih aman karena minim bertemu dengan kerumunan orang. Namun tanpa disadari menerima paket saat pandemi juga perlu diwaspadai, karena virus dan bakteri bisa saja menempel di paket tersebut. Oleh karena itu, demi kenyamanan dan keamanan menerima paket saat pandemi, ketahui beberapa tips aman berikut agar terhindar dari serangan virus dan bakteri penyebab pandemi. Banyak Jasa Pengiriman yang juga telah menerapkan hal ini, sebagai konsumen kita juga perlu mengantisipasi penyebaran virus. 

Tips Aman Menerima Paket Saat Pandemi

menerima paket saat pandemi

Penyebaran virus pandemi tidak dapat dihindarkan dari berbagai aktivitas, termasuk dalam kegiatan berbelanja online dimana barang dalam paket selalu berpindah tangan dari penjual ke konsumen. Proses pengiriman paket tetap dilakukan langsung, dari satu tempat ke tempat lain. Sehingga paket memiliki resiko terpapar virus pandemi. Untuk menghindari kontak fisik dengan kurir maupun paket secara langsung yang memiliki resiko terpapar virus, terdapat beberapa langkah aman yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penularan virus. Berikut tipsnya:

1. Tidak menemui kurir secara langsung

Ketika Anda menerima paket saat pandemi, Anda tidak harus menerima langsung paket tersebut dari kurir. Anda dapat menyediakan tempat khusus penerimaan paket di depan rumah Anda dengan membuat tulisan “letakan paket di sini”, untuk mempermudah kurir mengetahuinya. Contohnya pada layanan door to door, saat kurir datang menjemput paket hanya perlu diambil dari tempat pengambilan yang sudah disediakan khusus di luar rumah. Sebaliknya ketika layanan port to door, dimana jasa logistik telah menyediakan SOP yang berlaku saat konsumen menjemput atau mengantar barang ke gudang logistik. Hal yang sama berlaku untuk layanan lain hingga, layanan door to port

Selain itu, Anda juga dapat memberitahu kurir untuk meletakkan paket, langsung di depan rumah Anda tanpa harus menunggu Anda keluar dari rumah. Dengan begitu, Anda tidak menemui kurir secara langsung, namun Anda tetap mendapatkan barang kiriman Anda dengan aman tanpa adanya interaksi yang terjadi. Sehingga dengan cara ini, menerima paket saat pandemi menjadi lebih aman dengan meminimalisir interaksi.

2. Menggunakan masker jika harus menemui kurir

Jika pada poin pertama tidak berlaku, dengan ketentuan paket yang dikirimkan harus benar-benar diterima langsung dengan konsumen karena harus ada bukti tanda tangan atau foto, Anda dapat menemui kurir dengan menggunakan masker dan tetap jaga jarak aman dengan kurir. 

Anda dapat menggunakan masker yang berstandar baik dan teruji klinis, agar mampu melindungi Anda dari droplet. Menjaga jarak aman dengan kurir juga penting untuk dilakukan, untuk menghindari Anda dari terpapar virus pandemi akibat interaksi.

3. Menggunakan pelindung tangan

Menggunakan pelindung tangan seperti sarung tangan saat menemui kurir atau menerima paket atau mengambil paket, juga dapat menjadi salah satu alternatif pelindung diri dari virus pandemi. Anda dapat menggunakan sarung tangan sekali pakai agar virus tidak menyebar ke tempat lain. Atau jika menggunakan sarung tangan berbahan kain, pastikan untuk langsung mencucinya setelah digunakan untuk berinteraksi atau menyentuh barang asing di luar rumah.

4. Menyemprotkan paket dengan disinfektan

Ketika menerima paket saat pandemi, bukan hanya tentang perlindungan diri saja yang harus diperhatikan. Barang kiriman yang Anda terima juga harus diperhatikan. Setelah paket tiba di rumah, Anda dapat langsung menyemprotkan disinfektan ke paket tersebut untuk membuat virus dan bakteri yang terbawa dan menempel di paket menjadi mati terkena cairan desinfektan. Semprot paket Anda di luar rumah, agar virus tidak terbawa masuk ke dalam rumah.

5. Mencuci tangan setelah menerima paket

menerima paket saat pandemi

Virus dan bakteri mudah menempel di telapak tangan, terlebih tangan merupakan bagian aktif yang memegang banyak hal termasuk memegang paket. Jadi mencuci tangan setelah menerima paket dan membuka paket juga merupakan bagian terpenting menerima paket saat pandemi. 

Pastikan Anda mencuci tangan dengan air yang mengalir dan gunakan sabun cuci tangan agar tangan menjadi lebih bersih dan higienis. Dengan begitu, virus dan bakteri yang menempel di paket maupun tangan akan mudah mati. Sama dengan cairan desinfektan yang memberikan efek bersih dari virus dan kuman. Sehingga Anda dapat meminimalisir terjadinya penyebaran virus dan bakteri di dalam rumah kepada anggota keluarga yang lainnya.

6. Membuka paket menggunakan gunting atau cutter yang bersih

Saat membuka paket, untuk mempermudah dan melindungi kondisi barang akibat salah buka paket, menggunakan gunting atau cutter adalah cara teraman. Anda dapat menggunakan gunting atau cutter yang bersih sebelum menggunakannya untuk membuka paket. Kemudian membersihkan gunting atau cutter tersebut setelah digunakan untuk membuka paket. Jadi kondisi gunting atau cutter harus bersih sebelum dan sesudah digunakan. 

7. Membuka paket di luar rumah

Agar kondisi tetap aman terkendali, Anda dapat membuka paket di luar rumah untuk menghindari penyebaran virus kepada anggota keluarga di rumah. Terlebih jika di rumah terdapat anggota keluarga yang lansia atau anak-anak, maka membuka paket di luar rumah adalah solusi terbaik. Lansia dan anak-anak termasuk kelompok umur yang rentan terpapar virus dan bakteri. Jadi, membuka paket di luar rumah ketika menerima paket saat pandemi akan lebih aman untuk Anda dan keluarga.

8. Membuang pembungkus paket di tempat aman

Tips terakhir dari menerima paket saat pandemi secara aman adalah dengan membuang pembungkus paket di tempat aman dan jauh dari jangkauan keluarga Anda. Tempat aman ini dapat berupa tempat sampah yang terletak di luar rumah, atau membungkus kembali bungkus paket dalam kantong plastik dan diikat dengan rapat. Sebaiknya Anda langsung membuang pembungkus paket dengan segera tanpa harus berpindah tempat terlebih dahulu. Pastikan identitas Anda dalam pembungkus paket sudah tertutup atau sudah tidak terbaca untuk melindungi data-data Anda tetap aman. Anda juga dapat menggunakan layanan sameday dan instant agar barang tidak terlalu lama sampai ke tujuan yang membuat paket semakin banyak terkontaminasi dengan virus. Tentu layanan ini juga menerapkan keamanan dan kebersihan seperti poin-poin diatas.

Itu dia penjelasan singkat mengenai tips aman menerima paket saat pandemi agar terhindar dari paparan virus dan bakteri saat berbelanja online. Tidak ada salahnya untuk selalu berjaga-jaga, menjaga keamanan diri dari virus pandemi yang masih mengancam saat ini. 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article