Hati-Hati Modus Penipuan Pengiriman Paket Terbaru Dengan Mengirim File APK

Modus penipuan pengiriman paket dengan mengirimkan file apk melalui chat Whatsapp memang sedang marak terjadi belakangan ini. Penipu akan mengirimkan file apk yang didesain seperti aplikasi pengiriman paket, dan mengatasnamakan perusahaan ternama seperti JNE atau TIKI. Pengguna yang tidak waspada akan terpancing untuk mengunduh file apk tersebut, dan mengisi data-data pribadi seperti nomor rekening atau kartu kredit. Akibatnya, akan merugikan pihak yang membuka file apk tersebut. Karena dapat saja mengalami kerugian berupa hilangnya uang yang terdapat dalam bank atau penyimpanan uang virtual.

Bagaimana Cara Untuk Menghindari Modus Penipuan Pengiriman Paket?

Bagaimana modus penipuan pengiriman paket merugikan orang yang membuka file apk tersebut? Setelah pengguna mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, penipu akan mengirimkan pesan mengatasnamakan perusahaan pengiriman paket tersebut, yang mengatakan bahwa ada paket yang harus dibayarkan sebelum dikirimkan. 

Pengguna yang tidak curiga akan terpancing untuk membayar tagihan tersebut, tanpa sadar bahwa itu adalah modus penipuan. Kemudian, dalam waktu sekejap, pengguna tersebut akan mudah kehilangan uang bahkan data-data pribadinya menjadi tersebar dan dapat saja disalah gunakan.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjebak dalam modus penipuan pengiriman paket ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

1. Berhati-hati dan Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya terhadap pesan yang tidak jelas asal-usulnya. Jika ada perusahaan yang mengirimkan pesan mengenai paket yang harus dibayarkan, sebaiknya menghubungi perusahaan tersebut melalui nomor resmi yang tercantum di website atau iklan mereka.

2. Jangan Mudah Tergiur Oleh Penawaran yang Menarik

Jangan mudah terpancing oleh tawaran yang terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika ada perusahaan yang menawarkan diskon besar atau hadiah menarik untuk pengiriman paket, sebaiknya waspada dan tidak mudah tergiur. Biasanya penipu akan menggunakan taktik seperti itu untuk menarik perhatian dan memancing korban.

3. Jangan Asal Mengunduh File Sembarangan 

Modus penipuan pengiriman paket yang selanjutnya adalah jangan mudah percaya terhadap file apk yang tidak jelas asal-usulnya. Jika ada orang yang mengirimkan file apk mengatasnamakan perusahaan pengiriman paket, sebaiknya tidak mudah percaya dan tidak mengunduh file tersebut. Sebaiknya mencari aplikasi resmi perusahaan pengiriman paket tersebut di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

4. Berhati-hati Saat Memberikan Data Pribadi Anda

Jangan mengisi data pribadi ke aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya. Jika ada aplikasi yang meminta data pribadi seperti nomor rekening atau kartu kredit, nomor identitas seperti KTP, atau data-data penting lainnya yang bersifat pribadi, jangan diberikan begitu saja. Terlebih pada orang maupun nomor tidak dikenal yang menghubungi Anda.

5. Bertanya Hanya Pada Pihak bersangkutan

Jika pada saat proses pengiriman barang Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat langsung menghubungi pihak yang terkait seperti jasa pengiriman, pengirim, maupun penerima saja. Pastikan pihak yang Anda hubungi juga terpercaya, bukan akun tipu-tipu atau akun bodong. Cari tahu kontak resmi yang bersangkutan melalui website atau customer center terkait. Sehingga modus penipuan pengiriman paket tidak akan Anda alami.

6. Memeriksa Nomor Kontak yang Bersangkutan Resmi

Hal yang paling penting dalam menghindari modus penipuan pengiriman paket adalah selalu periksa kembali nomor telepon yang digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman paket yang diatasnamakan oleh pengirim pesan. Nomor telepon resmi perusahaan jasa pengiriman paket biasanya tercantum di website resmi mereka atau dapat diperoleh melalui kontak customer service yang tersedia.

7. Memasang Antivirus di Perangkat Anda

Memastikan bahwa perangkat yang digunakan telah terinstal antivirus yang dapat mendeteksi dan menghapus virus yang ada di dalam file apk yang dikirimkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunduh antivirus yang terpercaya. Sehingga ketika Anda menerima atau mengunduh file apk yang tidak terpercaya, akan langsung terblokir dan Anda tidak dapat membuka file apk tersebut.

Penting bagi Anda untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap modus penipuan pengiriman paket. Terlebih jika Anda menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal dan tidak ada hubungannya dengan proses pengiriman barang Anda. Jangan juga sembarangan membuka lampiran link atau file apk yang diberikan oleh orang tidak dikenal.

Jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak benar, segera hubungi pihak berwenang untuk memeriksa dan membantu Anda menangani masalah tersebut. Sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian akibat modus penipuan pengiriman paket.

Semoga tips menghindari modus penipuan pengiriman paket ini dapat bermanfaat untuk Anda, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bantu sebarkan informasi ini ke orang-orang terdekat Anda. Terutama bagi mereka yang sering melakukan pengiriman barang atau paket. Informasi berharga akan membantu banyak orang agar lebih aware terhadap modus-modus penipuan seperti modus penipuan pengiriman paket ini. Semoga bermanfaat!

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article