Permasalahan Logistik Yang Sering Dialami Oleh Perbisnis

Permasalahan Logistik apa aja sih yang sering dialami oleh para pebisnis?

Logistik adalah suatu rangkaian upaya yang mencangkup efektifitas perencanaan, implementasi, sampai pengawasan suatu proses perpindahan produk barang dan jasa, energi atau sumber daya lain, dari mulai titik hingga titik penggunaan

Logistik adalah suatu usaha atau organisasi yang menawarkan produk dalam bentuk jasa pengiriman barang dari suatu daerah ke daeah lainnya. Ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan jasa dibidang pengiriman logistik yang ada indonesia.

Permasalahan Logistik yang sering dihadapi oleh Perbisnis, yaitu:

  1. Biaya pengiriman yang cukup mahal

Permasalahan kali ini seringkali dirasakan oleh konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang antar pulau. Luasnya kepulauan di Indonesia menjadi penyebab mahalnya pendistribusian barang. Seperti yang diketahui, bahwasannya pendistribusian barang antar pulau harus menggunakan alat transportasi laut, yakni kapal. Moda tersebutlah yang membuat harga menjadi relatif tinggi sehingga para konsumen sangat berat jika harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

  1. Ketidaktersedianya tracing online (Cek resi Online)

Sebagai konsumen dari jasa pengiriman barang, pastinya Anda ingin mendapatkan pengalaman yang baik dari perusahaan penyedia jasa tersebut. Salah satu cara yang dapat memuaskan hati konsumen yakni dengan diperlihatkan posisi barang kiriman secara real time dan berkala. Aktivitas tersebut dapat dicari menggunakan cek resi pengiriman yang disediakan oleh perusahaan melalui website ataupun aplikasi yang disedikan oleh pihak perusahaan, sehingga konsumen dapat melihat perjalanan barang yang akan mereka terima.

  1. Barang sering rusak di perjalanan

Dalam sehari pengiriman saja, barang bisa mencapai ratusan hingga ribuan kilo, dikarenakan hal tersebut membuat jasa pengiriman tidak dapat mengontrol atau memperhatikan satu persatu kondisi fisik barang konsumennya. Hal tersebut bisa terjadi antara beberapa faktor, yakni pembungkusan barang yang kurang tepat, kondisi barang yang mudah rusak atau goncangan transportasi yang membuat barang menjadi rusak. Kasus tersebut tentu membuat konsumen rugi apalagi jika konsumen tidak memiliki asuransi atas barangnya.

  1. Permasalahan Infrastruktur

Kasus lain yakni tentang permasalahan infrastruktur, bahwasannya permasalahan ini adalah yang paling berat di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain. Permasalahan infrastruktur tersebut terbagi menjadi beberapa aspek, diantaranya mengenai pelabuhan di Indonesia dan prasarana jalan.

  1. Pelayanan

Pelayanan yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi pengiriman jasa logistik serengkali belum memenuhi standar atau SOP yang sudah di tentukan, seperti

  • Kurir ekpedisi yang tidak memakai sepatu dan baju yag rapih
  • Kurir yang berbau badan kurang sedap saat melakukan pickup dan delivery ke customer
  • Sering terlambat dalam proses delivery
  • Pelayanan customer service kurang sopan
  1. Minimnya informasi dan komunikasi

Beberapa perusahaan logistik pasti pernah mengalami hambatan atau kesulitan dalam hal informasi dan komunikasi. sebagian perusahaan masih menggunakan sistem manual atau paper based system. Permasalahan seperti barang yang dikirimkan mengalami hambatan atau keterlambatan yang semestinya diketahui oleh penerima atau pengirimnya. Namun karena perusahaan tersebut memiliki keterbatasan jangkauan terhadap konsumen maka informasi tersebut jadi tidak sampai, sehingga menimbulkan permasalahan baru yang seharusnya dapat diselesaikan dengan cepat.

Permasalahan seperti inilah yang membuat perusahaan logistik terkadang dianggap kurang bagus di mata costumer sehingga menjadikan costomer susah percaya lagi.

Tenang, kami mempunyai solusi atas permasalahan diatas. Access Logistik adalah solusinya. Di Access Logistik mempunya banyak kelebihan-kelebihan yang sangat menguntungkan bagi costumer, seperti :

  1. Access Logistik memeliki biaya jasa pengiriman yang sangat murah, 
  2. Access Logistik memiliki tracing online. Kamu hanya perlu membuka website access logistik dan mencantumkan nomor Resi/DO yang sudah kamu miliki. Maka kamu dapat memantau dimana barang kamu berada secara real time. http://apps.accesslogistik.com/css/
  3. Access Logistik memiliki asuransi jikalau barang yang anda kirim rusak diperjalanan. Access juga memiliki layanan tambahan seperti packing kayu dan sebagainya.
  4. Access Logistik juga bersahabat dengan UMKM yang ada di indonesia
  5. Access Logistik juga memiliki pelayanan yang sangat memuaskan.
Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article