cara kirim barang door to door

Ketahui Cara Kirim Barang Door to Door yang Aman

Cara kirim barang door to door sangat penting diperhatikan. Karena memilih jasa kirim barang door to door bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali menggunakan layanan door to door. Memang, layanan yang diberikan cukup mudah karena Anda cukup menunggu di rumah saja dan barang Anda akan tiba di tangan pelanggan dengan cepat. Namun, itulah hal yang perlu diperhatikan oleh penguna.

Mengetahui bagaimana cara kirim barang door to door yang aman, bukan hanya untuk barang Anda tetapi juga demi kenyamanan dan kepercayaan konsumen Anda. Berikut ini merupakan cara kirim barang door to door yang aman untuk pengiriman barang Anda.

Bagaimana Mengetahui Cara Kirim Barang Door to Door yang Aman?

cara kirim barang door to door

Jika sembarangan dalam memilih jasa pengiriman door to door, apalagi tergiur dengan tawaran jasa kirim barang yang murah, kemungkinan terjamin keamanan barang Anda sangatlah kecil. Belum lagi resiko kerusakan barang di perjalanan yang dapat merugikan Anda dan pelanggan. Untuk itu, sebelum melakukan pengiriman barang, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara kirim barang door to door yang aman untuk memastikan keselamatan barang Anda sampai di tangan pelanggan dengan selamat.

1. Menentukan jenis barang dan jumlah berat barang

Cara kirim barang door to door yang paling utama adalah dengan mengetahui jenis barang dan jumlah berat barang yang akan dikirim. Jika barang Anda termasuk barang yang mudah basi, mudah rusak, berbentuk cair, mudah terbakar, serta dengan jumlah barang yang banyak, menggunakan jasa kirim barang door to door adalah pilihan yang tepat. Anda mengetahui kelemahan pada barang yang akan Anda kirim, tentu Anda dapat meminimalisir kerusakan barang saat pengiriman dengan mengemas barang tersebut dengan baik. 

Menggunakan layanan door to door juga akan membantu barang Anda langsung sampai di alamat tujuan tanpa perlu masuk gudang atau berpindah di armada lain. Petugas pengiriman juga akan berhati-hati memperlakukan barang yang Anda dikirim, sehingga barang dapat sampai dengan selamat tanpa ada kerusakan sedikit pun.

2. Mempacking barang dengan aman

cara kirim barang door to door dengan packing yang aman

Cara kirim barang door to door yang paling penting adalah bagaimana barang tersebut dipacking. Ketika Anda sudah mengetahui jenis dan berat barang yang akan dikirim, Anda harus mempertimbangkan proses pengepakan atau packing barang. Mencari tips packing barang door to door yang aman juga akan sangat membantu.  Ini akan mempermudah petugas pengiriman mengangkut barang Anda hingga sampai ke tempat tujuan. Jika barang Anda merupakan barang pecah belah, Anda dapat menggunakan packing yang berlapis dan dilindungi dengan wrap atau kayu untuk menghindari kerusakan.

Atau jika barang Anda merupakan makanan dingin yang cepat rusak di suhu ruangan, Anda dapat mempackingnya dengan kotak styrofoam yang diisi dengan es batu, serta memberitahu pihak pengiriman bahwa barang yang Anda kirim merupakan makan cepat basi di suhu ruang. Sehingga pihak pengirim dapat menyediakan armada khusus pengiriman makanan.

Selain memberikan informasi lengkap mengenai jenis dan berat barang yang akan dikirim, Anda juga dapat memberikan label khusus pada setiap paket. Ini dimaksudkan untuk membuat barang jenis tertentu tetap aman dari resiko kerusakan. Label khusus dapat berupa tulisan berikut:

  • Fragile atau jangan dibanting untuk barang pecah belah
  • Jangan dibalik untuk barang jenis cair
  • Jangan diinjak
  • Jangan ditumpuk
  • Barang mudah terbakar
  • Keep dry
  • dan lainnya. 

3. Memilih jasa kirim barang door to door terpercaya

Setelah mengetahui barang yang akan dikirim serta cara packing barang tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih jasa kirim barang door to door yang terpercaya. Jasa kirim yang terpercaya pasti memiliki cara kirim barang door to door yang aman bagi barang Anda. Untuk mengetahui apakah jasa pengiriman tersebut terpercaya atau tidak, Anda dapat mencari informasi mengenai jasa pengiriman tersebut secara detail untuk memastikan keamanannya. Memilih jasa kirim barang yang terpercaya dapat meningkatkan keamanan barang Anda sampai ke tangan penerima dengan aman.

Untuk memudahkan, Anda dapat menggunakan layanan dari Access Logistik. Access Logistik yang memberikan layanan jasa kirim barang door to door terpercaya, aman, tepat waktu, dan harga terjangkau. Access Logistik menyediakan pengiriman barang di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Timur. Dengan Access Logistik, pengiriman barang akan semakin mudah dan cepat sampai karena memiliki kantor pusat dan kantor cabang yang tersedia di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, Access Logistik juga memiliki 63 armada operasional dan 5 armada fasilitas di setiap kantor Access Logistik. 

4. Mengetahui ketentuan pengiriman barang door to door 

cara kirim barang door to door

Ketika sudah mendapatkan jasa kirim yang terpercaya, langkah selanjutnya adalah mengetahui ketentuan kirim barang door to door. Biasanya beberapa perusahaan pengiriman memiliki beberapa ketentuan tertentu yang harus diketahui pengguna jasa sebelum melakukan pengiriman barang door to door. Ketentuan tersebut dapat berupa, lokasi penjemputan barang dapat dilalui oleh mobil atau berat barang yang akan dikirim minimal seberat 100 kg, dan lainnya. Ketentuan ini tentu dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk melakukan kerjasama pengiriman dengan pihak perusahaan pengirim. Sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi barang yang akan dikirim

5. Menghubungi pihak jasa pengiriman dan menyelesaikan proses administrasi

Setelah ketentuan penyedia jasa pengiriman dirasa sudah sesuai dengan Anda, Anda dapat langsung menghubungi pihak jasa pengiriman untuk membuat kesepakatan dan menyelesaikan proses administrasi agar barang dapat segera dikirim. Gambarannya sebagai berikut:

  • Mengkonfirmasi pihak jasa pengirim bahwa Anda ingin melakukan kirim barang door to door
  • Memberikan informasi data pengguna seperti alamat penjemputan barang, informasi barang yang akan dikirim, dan informasi alamat pengiriman barang serta informasi penerima barang
  • Mengonfirmasi biaya pengiriman dan menyelesaikan proses administrasi
  • Kurir akan datang mengambil barang di alamat Anda, untuk kemudian mengirimkannya ke alamat tujuan

6. Menyimpan nomor resi

Cara kirim barang door to door terakhir adalah apakah prosesnya sudah selesai sampai pihak kurir datang menjemput barang Anda? Tidak. Terdapat 1 poin yang wajib Anda perhatikan, yakni nomor resi. Setelah barang dikirim, pastikan Anda mendapatkan nomor resi dan menyimpan nomor resi yang telah diberikan dengan baik. Nomor resi ini dapat Anda berikan kepada pihak penerima agar mereka dapat mengecek posisi barang yang dipesan, dan untuk Anda ini akan berguna jika tiba-tiba terjadi suatu masalah pada barang seperti barang hilang atau barang rusak. Dengan nomor resi, Anda dapat mengajukan komplain dan ganti rugi pada pihak pengirim dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya. Jadi nomor resi akan sangat penting untuk disimpan. 

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Door to Door Terpercaya dengan Access Logistik

Itu dia beberapa poin penting tentang cara kirim barang door to door yang aman bagi pengiriman barang Anda. Poin-poin tersebut penting untuk Anda ketahui sebagai nilai kepuasan untuk konsumen Anda. Karena cara kirim barang door to door  yang aman akan membuat kondisi barang juga aman diterima oleh penerima atau konsumen Anda.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article