tips memilih jasa pengiriman barang

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Online

Saat ini keberadaan bisnis online sudah banyak dilakukan. Karena selain modal yang sedikit, bisnis online juga mudah untuk mencapai pelanggan bahkan di berbagai wilayah. Salah satu cara mencapai pelanggan yang jauh adalah dengan mengiklankan produk dan menggunakan jasa pengiriman barang untuk bisnis online. Tidak mungkin jika mengantarkan barang sendiri ke tangan pelanggan, terlebih jika pelanggan tidak berada di wilayah yang sama dengan bisnis Anda. Sehingga penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis online untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat, agar barang Anda dapat sampai ke tangan pembeli dengan aman, tepat, dan cepat.

Bagaimana Memilih Jasa Pengiriman Barang Terpercaya?

memilih jasa pengriman barang

Saat ini jasa pengiriman barang memiliki berbagai jenis layanan yang ditawarkan, seperti pengiriman door to door, pengiriman door to port, pengiriman port to port, pengiriman port to door, dan masih banyak yang lainnya. Anda dapat memilih layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda. Dengan memilih jasa pengiriman barang yang tepat, Anda dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pembeli, sehingga mereka akan kembali membeli produk Anda karena proses pengiriman barang yang aman dan cepat. Lantas, bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut tips memilihnya:

1. Pilih jasa pengiriman barang yang terpercaya

Pastikan Anda memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya, yang berpengalaman melayani jasa antar barang ke berbagai daerah dan kota, serta memiliki reputasi yang baik. Jangan hanya tergiur dengan tarif yang murah, Anda juga harus memperhitungkan apakah jasa yang mereka tawarkan memiliki layanan yang berkualitas dan kredibel. 

Anda dapat menggunakan jasa pengiriman barang dari Access Logistik sebagai partner pengiriman produk-produk bisnis Anda. Access Logistik sudah berdiri sejak 12 tahun lalu dan telah dipercaya oleh lebih dari ribuan bisnis sebagai partner mereka. Access Logistik bukan hanya melayani jasa pengiriman barang, tapi Access Logistik juga melayani jasa pengambilan barang-barang yang akan di return ke gudang customer maupun mutasi antar toko. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mengirimkan produk Anda ke konsumen. Kami akan mengantarkannya dengan aman dan tepat waktu sampai di tangan konsumen.

2. Memiliki standar tarif yang jelas

memilih jasa pengriman barang

Selain harus memiliki reputasi yang baik, jasa pengiriman barang juga harus memiliki rincian standar tarif pengiriman yang jelas. Anda dapat memeriksa tarif ongkos kirim berdasarkan jarak pengiriman, waktu pengiriman, dan berat barang yang akan dikirim. Biasanya jasa pengiriman akan memiliki standar ongkos kirim yang berbeda setiap perusahaan. Dan dengan Anda mengetahui tarif standar ini, Anda akan lebih mudah menghitung biaya pengiriman yang perlu Anda persiapkan. Anda dapat menanyakan ketentuan tarif standar ini kepada pihak jasa pengiriman atau mengeceknya pada halaman website penyedia jasa pengirim. 

3. Waktu pengiriman barang

Waktu pengiriman barang menjadi faktor pertimbangan seseorang dalam memilih jasa pengiriman barang. Karena mereka ingin segera menerima produk yang dibelinya, begitu juga pemilik produk. Mereka ingin segera produknya tiba dengan cepat di tangan konsumen, agar konsumen dapat memberikan feedback untuk bisnisnya. Semakin cepat barang diterima, semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen yang akan didapat. Jadi waktu pengiriman barang menjadi hal penting dalam proses jual beli.

Jasa pengiriman barang yang profesional akan menjamin pengiriman barang berjalan dengan tepat, artinya barang akan tiba di alamat konsumen dengan aman dan tepat waktu. Sehingga keterlambatan pengiriman barang akan terhindar dari konsumen karena sudah terjamin waktu pengirimannya. Anda dapat memilih jasa pengiriman barang yang memberikan layanan jasa kirim di hari yang sama misalnya, sehingga konsumen tidak menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan barang yang mereka pesan.

4. Terdapat pilihan pengiriman yang beragam

Jasa pengiriman biasanya memiliki banyak pilihan penawaran yang dapat Anda pilih untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Seperti layanan kirim di hari yang sama untuk proses pengiriman yang lebih cepat, atau memilih layanan kirim door to door saat Anda memiliki jumlah kiriman barang yang sangat banyak dan sulit untuk mengantarkannya ke kantor penyedia jasa. 

Dengan memilih jasa pengiriman barang yang memiliki layanan pengiriman beragam, dapat menyesuaikan kebutuhan pengiriman Anda agar tetap tepat waktu sampai ke tangan penerima. Karena dengan begitu, Anda dapat terhindar dari keterlambatan pengiriman atau pengiriman yang tertunda, saat Anda sedang ingin melakukan pengiriman yang sesegera mungkin. Selain itu juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan konsumen bisnis Anda. Manfaatkan pilihan pengiriman yang beragam ini, mulai dari pilihan waktu pengiriman hingga pilihan jenis armada operasionalnya. 

5. Memiliki jaminan asuransi pengiriman

memilih jasa pengiriman barang yang aman dengan menyertakan asuransi barang

Jaminan asuransi pengiriman penting untuk diperhatikan. Ini merupakan layanan standar yang sudah seharusnya diberikan oleh penyedia jasa pengiriman. Terlebih jika barang yang Anda kirim merupakan barang-barang pecah belah, barang elektronik, atau barang-barang tertentu yang memiliki penanganan khusus seperti makanan atau buah. 

Oleh karena itu, Anda membutuhkan jasa pengiriman barang yang aman dengan memberikan jaminan asuransi pengiriman, agar penyedia jasa dapat menjamin dan meyakinkan Anda bahwa bekerjasama dengan penyedia jasa adalah pilihan yang tepat. Sehingga barang yang Anda kirim tetap aman dan terhindar dari resiko kerusakan dan kerugian berbagai pihak. Untuk itu, Anda dapat memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan jaminan asuransi pengiriman atau layanan tertentu untuk melindungi barang Anda dari rusak dan tidak merasa khawatir mengirimkan barang Anda.

6. Dapat ditracking dengan mudah

Saat memilih jasa pengiriman barang, hal terpentingnya adalah proses pengiriman yang mudah ditracking. Karena mudah mentracking barang yang sedang dikirim juga merupakan ciri dari penyedia jasa pengiriman barang yang terpercaya. Proses tracking barang yang mudah akan menjamin keamanan barang karena memudahkan Anda untuk melacak posisi barang yang akan dikirim. Begitu juga dengan konsumen Anda, ketika mereka mudah untuk melakukan tracking pada barang yang dipesannya, tentu akan membuat konsumen senang. Sehingga baik Anda maupun konsumen dapat memastikan bahwa barang yang sedang dikirim akan diterima dengan aman oleh konsumen.

Seperti Access Logistik yang menyediakan layanan tracking barang 24/7 pada website Access Logistik yang dibedakan berdasarkan tracking nomor resi maupun tracking corporate. Sehingga baik pengguna jasa Access Logistik maupun penerima barang dapat dengan mudah mentracking barang tanpa rasa khawatir barangnya akan nyasar atau hilang. 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article