jenis gudang

9 Jenis Gudang Berdasarkan Karakteristik Penyimpanan

Banyak jenis gudang yang disesuaikan dengan penyimpanannya. Gudang atau warehouse merupakan salah satu fasilitas penting yang biasa dimiliki setiap bangunan guna untuk menyimpan barang seperti rumah yang memiliki gudang untuk menyimpan barang, baik itu barang yang sudah tidak terpakai ataupun barang yang masih baru. Begitu pula halnya dengan jasa logistik, juga memiliki gudang untuk menyimpan barang customer sebelum. Ada beberapa jenis gudang berdasarkan karakteristik penyimpanannya. Tapi sebelum itu alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fungsi-fungsi dari gudang. Ada beberapa fungsi dari gudang pada jasa logistik, namun ada juga beberapa fungsi gudang dalam bisnis sebagai berikut

Fungsi gudang dalam bisnis

jenis gudang

 

  1. menyimpan stok barang

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi utama gudang yaitu untuk menyimpan barang. Begitupun gudang pada jasa logistik berfungsi untuk menyimpan barang yang dikirim dari pengirim untuk diteruskan ke alamat penerima

  1. memenuhi pesanan pelanggan

         Gudang juga berfungsi untuk mengumpulkan semua pesanan pelanggan, agar stok aman untuk kemudian dikirim langsung kepada penerima

  1. melindungi barang dari kerusakan

         Dengan adanya gudang, barang yang telah selesai diproses bisa disimpan agar barang tidak mengalami kerusakan. Selain itu barang juga akan terlindung dari bahaya seperti pencurian, kebakaran, banjir dan lain sebagainya. Sehingga barang aman untuk dikirim ke pelanggan.

  1. meningkatkan kualitas produksi

         Selain untuk mengumpulkan barang, gudang juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas produk. Setelah barang terkumpul di gudang, perusahaan bisa dengan mudah  memeriksa kualitas produk dari bahan yang digunakan untuk membuat barang tersebut. Hal ini mempermudah pemantauan terhadap kuantitas dan kualitas produksi.

  1. menentukan keputusan pembelian bahan

Fungsi gudang selanjutnya yaitu menentukan keputusan pembelian bahan. Dengan terkumpulnya bahan di suatu tempat. Memudahkan perusahaan untuk menentukan jumlah stok bahan yang ada, apakah kurang atau masih tersedia. Dengan begitu tidak akan terjadi pembelian bahan secara berlebihan.

Jenis-jenis gudang berdasarkan karakteristik penyimpanannya

jenis gudang

Ada banyak jenis gudang baik secara umum maupun berdasarkan karakteristik penyimpanannya. Berikut 9 jenis gudang berdasarkan karakteristik penyimpanannya:

  1. Gudang Bahan baku

         Setiap barang yang kita gunakan memiliki bahan baku dalam proses pembuatannya seperti pembuatan coklat yang berbahan baku bubuk kakao. Jenis Gudang bahan baku berfungsi untuk menyimpan bahan baku yang akan dijadikan sebuah benda atau makanan, dll. Bahan baku seperti logam, pasir, beton, plastik, kakao dan sebagainya akan disimpan di gudang bahan bahan baku untuk mempermudah proses pembuatan suatu barang. Gudang ini biasanya berdekatan dengan gudang produksi dan dapat melakukan penyimpanan dalam bentuk bangunan, tangki atau tempat terbuka menyesuaikan dengan bahan baku yang disimpan.

  1. gudang bahan setengah jadi

         Gudang ini digunakan untuk menyimpan bahan yang sedang dalam proses pembuatan suatu barang. Barang yang telah melalui proses produksi dan masih menunggu untuk proses selanjutnya akan disimpan digudang ini seperti dalam proses pembuatan kemasan khusus, pemasangan label, dll

jenis gudang

  1. gudang hasil produksi

Jenis Gudang ini biasa digunakan untuk menyimpan hasil produksi yang siap untuk dipasarkan kepada pelanggan.

  1. gudang pusat konsolidasi dan transit

Jenis Gudang pusat konsolidasi dan transit ini digunakan untuk menyimpan barang yang diterima dari berbagai pemasok yang kemudian akan dikirim ke konsumen sesuai kebutuhan.

  1. gudang pusat transhipment

Jenis Gudang pusat transhipment ini digunakan untuk menerima barang dari berbagai pengiriman dalam jumlah banyak dan kemudian dibagi menjadi bagian kecil lalu dikirim ke berbagai daerah tujuan. Seperti halnya gudang pada jasa logistik dan ekspedisi.

  1. gudang cross docking

         Gudang cross docking adalah gudang tempat pemindahan barang yang dibutuhkan jasa ekspedisi, seperti memindahkan barang dari satu truk ke truk lain. Penyewaan gudang ini relatif terjangkau karena digunakan dalam waktu yang singkat.

  1. gudang pusat sortir

         Gudang pusat sortir biasanya digunakan untuk mengumpulkan barang atau surat yang dikirim dari berbagai pengirim. Kemudian disortir sesuai kodepos atau zona tujuan pengiriman

  1. gudang fulfillment

         Jenis Gudang fulfillment dibangun untuk keperluan khusus mengelola orderan kecil namun dalam jumlah yang banyak. Seperti gudang penyimpanan barang yang berada dalam proses retur atau pengembalian. Gudang ini biasa digunakan oleh jasa logistik atau ekspedisi.

  1. gudang untuk kepentingan publik

         Jenis Gudang banyak digunakan untuk keperluan penjualan mandiri, akan tetapi tidak semua gudang digunakan oleh para pebisnis mandiri. Ada juga gudang yang digunakan untuk keperluan publik, seperti gudang untuk bantuan bencana atau untuk penyimpanan beras bulog yang akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

         Setiap jenis gudang memiliki sistem manajemen yang berbeda baik dalam proses pengontrolan, pemantauan maupun dalam pengumpulan serta pengiriman barang. Selain itu banyak juga gudang yang telah menggunakan fitur canggih untuk mengontrol segala aktivitas yang ada di dalam gudang tersebut. Rata-rata semua perusahaan pasti memiliki gudang baik itu layanan logistik yang  menyediakan pengiriman dalam partai besar, pengiriman dengan layanan door to door, hingga jasa logistik dengan layanan port to port. Begitu juga  dengan jasa logistik seperti access logistik yang menyediakan gudang untuk kebutuhan perusahaan.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn