kurir ekspedisi

Ini Perbedaan Kurir, Ekspedisi Dan Logistik

Kurir ekspedisi, dan kurir logistik emangnya beda ya?…

Seiring berkembangnya zaman hingga era digital seperti sekarang ini, dunia jual beli pun juga berkembang pesat. Tidak hanya jual beli secara offline, tetapi jual beli secara online pun ikut trending. Bahkan jual beli online lebih diminati oleh masyarakat pada saat ini, karena praktis, hemat waktu, dan beberapa kelebihan lainnya. Seperti yang kita tahu setiap penjual online pastinya membutuhkan jasa untuk mempermudah pengiriman barang ke customer.

Terdapat beberapa jasa pengiriman di Indonesia seperti kurir, ekspedisi dan logistik. Meskipun sama-sama memiliki tujuan layanan pengiriman, tetapi apakah kalian tahu sebenarnya kurir, ekspedisi dan logistik itu berbeda lho? Ada beberapa perbedaan antara kurir, ekspedisi dan logistik baik dari segi layanan, konsumen dan juga yang lainnya. Berikut perbedaan antara kurir, ekspedisi dan logistik yang perlu kita ketahui.

1. Kurir

kurir

Seiring berkembangnya jasa jual beli online, jasa kurir ekspedisi juga mulai bermunculan dan di kenal di tanah air. Jasa kurir sebenarnya sudah lama dipakai untuk mengirimkan barang ke pihak lain secara langsung. Jasa kurir digunakan karena lebih mudah, lebih cepat dan lebih aman dibandingkan yang lain. Karena reputasinya yang bagus jasa kurir masih digunakan hingga sekarang, terutama yang memiliki toko online. Bahkan jasa kurir sekarang mengembangkan fitur cash on delivery atau bayar di tempat.

Jasa kurir digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah yang lebih kecil seperti makanan, minuman, atau barang-barang kecil lainnya. Biaya untuk pengiriman ini lebih terjangkau karena wilayah pengiriman dengan jarak  yang lebih dekat dan juga dengan jumlah barang yang dibawa lebih sedikit atau kecil.

2. Ekspedisi

kurir

Berbeda dari kurir, jasa ekspedisi secara umum adalah kegiatan perjalanan untuk mencapai suatu lokasi tujuan. Jasa ekspedisi merupakan perusahaan dengan kegiatan mengirim barang dalam kapasitas yang kecil hingga sedang tanpa minimal berat. Layanan pengiriman pun bermacam ragam seperti layanan pengiriman door to door, layanan door to port,  port to door, layanan port to port, dll. Dengan layanan yang disediakan memudahkan pebisnis online untuk mengirim barang dan juga lebih praktis, sehingga banyak pebisnis online yang bermitra atau bekerja sama dengan jasa ekspedisi pada saat ini.

Jasa ekspedisi berfokus pada layanan kirim barang baik personal maupun pebisnis. Pengiriman jasa ekspedisi tidak hanya berupa barang. Dengan berat barang yang akan dikirim mulai dari benda-benda terkecil seperti aksesoris hingga barang dengan berat ratusan kilo bahkan juga bisa mengirim dokumen. Jasa ekspedisi biasa mengirimkan barang dalam waktu yang singkat dan dalam sekali pengantaran.

Jasa ekspedisi biasanya tidak mematok harga persatuan barang, akan tetapi mematok harga dengan minimal berat 1 kilogram barang sesuai kebijakan perusahaan dan juga tergantung wilayah atau daerah yang dituju untuk pengiriman.  Jasa ekspedisi biasanya mengirim barang dengan waktu minimal 2-3 hari atau maksimal 3-5 hari kerja, tergantung daerah atau wilayah yang dituju.

3. Logistik

kurir

         Logistik berasal dari bahasa Yunani, yaitu logos artinya rasio atau kalkulasi. Dan juga dalam bahasa Perancis, “loger” yang berarti menyiapkan. Kata ini juga berkaitan dengan sebuah manajemen yang mencakup proses perpindahan, penyimpanan, distribusi dan pengadaan. Tak hanya itu istilah logistik juga bisa bermakna penyaluran, pemeliharaan atau penyimpanan hasil produksi. Lebih besar dari jasa ekspedisi, jasa logistik merupakan perusahaan yang menyediakan jasa kirim barang, gudang, manajemen hingga transportasi.

         Jasa logistik biasanya digunakan oleh perusahaan bisnis besar yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah banyak dan besar. Dengan minimal berat barang 10-50 ton. Jasa logistik melakukan pengiriman barang antar daerah bahkan sampai ke luar negeri. Dengan beberapa armada yang digunakan seperti truk, kontainer, kapal laut bahkan pesawat menyesuaikan jumlah dan jenis barang yang akan dikirim.

Biaya yang diterapkan jasa logistik biasanya dihitung dengan minimal jumlah barang 10 ton dan juga tergantung volume barang yang dikirim. Dengan estimasi waktu pengiriman 3-5 hari kerja, atau bisa berminggu untuk pengiriman luar negeri tergantung daerah yang akan dituju.  

         Itulah beberapa perbedaan kurir, ekspedisi dan logistik. Memiliki tujuan yang sama yaitu mengantarkan barang, tetapi memiliki perbedaan dari segi layanan, jumlah barang, fokus konsumen bahkan tarifnya. Anda ingin memiliki atau sudah memiliki bisnis online dan masih bingung dengan jasa ekspedisi atau logistik untuk menjadi mitra anda? atau anda masih bingung dengan layanan apa yang akan anda gunakan untuk mengirim barang pesanan customer anda? Tak perlu khawatir karena ada access logistik yang akan membantu anda.  Dengan segenap hati access melayani dan menjalankan amanah yang di titipkan dan menjamin barang pesanan customer anda sampai tujuan dengan aman.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article