kurir ekspedisi

Perkembangan Kurir Ekspedisi di Era Sekarang

Kurir Ekspedisi – Perkembangan era digital modern ini banyak mengubah sistem yang ada di dunia. Dengan perubahan ini dapat mempermudah manusia untuk melakukan transaksi dan juga memenuhi kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kamu tak perlu repot lagi bepergian jauh. Kamu bisa membelinya dari rumah saja melalui toko online. Saat ini banyak orang membangun bisnis online nya hanya dari rumah.

Setiap ekspedisi pastinya mempunyai kurir ekspedisi barang. Bisnis online tentunya membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirim barang. Tapi apakah kamu tahu apa itu kurir ekspedisi? bagaimana perkembangan kurir ekspedisi dari masa ke masa? Mari kita bahas. 

Apa itu kurir ekspedisi?

kurir ekspedisi

Kurir ekspedisi berasal dari bahasa inggris courier yang juga dikenal sebagai jasa ekspedisi, dengan kata lain perusahaan atau perorangan yang bertugas mengirim pesan, paket dari satu tempat ke tempat lain. Pada saat ini sudah banyak jenis jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia, dan tentunya memiliki kurir ekspedisi. Kurir ekspedisi merupakan tugas yang mulia, karena mereka mengemban beban dan amanah para pengirim barang agar barang yang dikirim sampai ke tempat tujuan dengan aman, tepat dan tidak salah alamat. Karena semakin banyaknya bisnis online yang berkembang, ini juga berpengaruh kepada kurir ekspedisi. Dengan berkembangnya era digital, sekarang sudah ada teknologi atau aplikasi untuk memantau dan melacak keberadaan kurir serta pesanan pembeli

Tugas dan tanggung jawab kurir ekspedisi

Berbeda dengan layanan pos surat menyurat, kurir pengirim barang memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab seperti mengambil dan mengirim paket, memastikan paket diterima buyer dengan aman, dll. 

kurir ekspedisi

Berikut beberapa rincian tugas dan tangung jawab kurir ekspedisi :

  • Melakukan pengiriman barang ke alamat penerima dan memastikan barang sampai dengan aman dan tepat
  • Melakukan pendataan status pengiriman barang
  • Memastikan barang aman dan tidak salah alamat ketika pengiriman
  • Menjalankan dan menaati SOP perusahaan yang berlaku
  • Menjaga dan memastikan data pengirim dan penerima barang tetap aman
  • Menerima pembayaran dan transaksi COD
  • Menyetorkan data dan hasil pengiriman barang kepada perusahaan

Peranan kurir ekspedisi untuk bisnis online

Didalam bisnis online kurir ekspedisi juga memiliki peranan yang sangat penting. Selain melakukan pengiriman, kurir ekspedisi juga memiliki peranan penting untuk menunjang bisnis online. Adapun peranan kurir ekspedisi untuk bisnis online yaitu:

  1. memudahkan pekerjaan penjual

Dengan adanya kurir ekspedisi yang tersebar di seluruh wilayah, memudahkan para penjual untuk mendapatkan pembeli. Meskipun pembeli berada di luar kota, pembeli tetap bisa memesan barang yang berada di kota lain. Bahkan para penjual tidak harus mengantarkan barang ke kantor ekspedisi terlebih dahulu, karena ada layanan door to door yaitu layanan pengambilan barang dari rumah. 

  1. memenuhi kebutuhan pembeli

Selain mempermudah pekerjaan para penjual, kurir pengiriman barang ekspedisi juga memiliki peranan dalam memenuhi kebutuhan para pembeli. Mengapa tidak? para pembeli tak perlu repot lagi datang ke toko atau mengeluarkan tenaga untuk berpindah tempat. Pembeli bisa memesan barang yang diinginkan tanpa perlu khawatir dengan jarak, meskipun penjual berada di luar kota ataupun di luar pulau sekalipun. Karena tanpa jasa kurir ekspedisi barang kamu tidak akan sampai ke tujuan yang diinginkan.  

  1. mendukung bisnis masa kini

Kurir ekspedisi juga memiliki peranan dalam mendukung bisnis masa kini. Dengan adanya peranan tersebut, dapat mempermudah segala kebutuhan baik dari segi penjual maupun pembeli. Baik itu dengan tambahan layanan pengiriman mulai dari pengiriman layanan jemput dari rumah layanan pengiriman door to door atau layanan door to port. 

Perkembangan kurir ekspedisi dari masa ke masa

kurir ekspedisi

Pada zaman lampau untuk mengirim pesan membutuhkan waktu yang lama, dengan menggunakan merpati pos, penunggang kuda bahkan mengirim pesan melalui prajurit pelari. Ketika itu belum ada layanan kurir mekanis, sehingga kurir-kurir manual ini harus berlari bermil-mil ke tujuan mereka. Kurir pertama di dunia berkaitan dengan Pangeran Persia Kyrus Muda.

Ketika periode pemerintahan Kaisar Romawi Augustus, ada berbagai macam kurir yang menunggang kuda dan kereta yang disebut anabasii. Kurir ini dimanfaatkan oleh bangsa Yunani dan Romawi Kuno untuk mengirim pesan jarak jauh dengan cepat. Kata anabasii berasal dari bahasa Yunani ( adscensus, menumpang). Berlanjut pada abad pertengahan. Pada abad ini istana kerajaan mengutus orang terpercaya di dalam istana  untuk mengantarkan pesan dengan bayaran sedikit lebih banyak dari pekerja biasa.

Selanjutnya pada abad modern ini, seiring perkembangan zaman kurir juga mengalami perkembangan. Dimulai dengan mengantarkan pesan dengan menggunakan sepeda. Hingga saat sekarang kurir mengantarkan pesan/barang dengan menggunakan motor, mengantarkan pesanan melalui jalur kereta api, mobil bahkan juga menggunakan kurir lewat jalur laut dan jalur udara. Selain itu kurir juga mengalami perkembangan dari segi teknologi digital. Yang pada mulanya kurir mengantarkan pesan dengan membawa kertas atau catatan yang berisi data para pembeli.

Saat ini kurir hanya membawa smartphone untuk melaporkan bahwa barang yang diantar sudah sampai tujuan dengan aman. Bahkan juga tersedia fitur melacak pesanan agar pembeli bisa selalu memantau barang pesanan yang diantar kurir.  

Itulah sejarah perkembangan kurir pengiriman barang dari masa ke masa. Zaman sekarang kita sangat dipermudah oleh teknologi. Dengan teknologi kita bisa mengakses semua hal dengan mudah. Jika kamu mempunyai bisnis online dan membutuhkan jasa ekspedisi. 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article