tantangan bisnis online dalam pengiriman barang

Tantangan Bisnis Online dalam Proses Pengiriman Barang

Pengiriman barang merupakan salah satu tantangan bisnis online. Kenapa? Karena untuk membuat bisnis online berjalan lancar, proses pengiriman barang harus dilakukan dengan efektif dan efisien. Lantas bagaimana pebisnis seharusnya menyikapi tantangan bisnis online ini?

Tantangan Bisnis Online Saat Ini

tantangan bisnis online

Bisnis online adalah usaha ritel yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet melalui platform tertentu seperti website, media sosial maupun marketplace. Jadi dengan bisnis online ini, pebisnis dapat menemukan konsumen dari mana saja, bahkan dari lokasi yang sangat jauh sekalipun. 

Contoh bisnis online yang saat ini banyak dilakukan misalnya adalah menjual barang melalui marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang perlengkapan lainnya seperti elektronik, makanan dan minuman, pakaian, dan lainnya.

Dari berbagai macam barang yang ditawarkan, terdapat sejumlah tantangan bisnis online yang harus dihadapi saat ini, terutama dalam proses pengiriman barang. Berikut ini tantangan bisnis online yang umum dihadapi pebisnis dalam proses pengiriman barang.

1. Pengiriman barang yang tidak dapat diprediksi

Saat proses pengiriman barang, kendala yang mungkin terjadi di jalan dapat membuat pengiriman menjadi terhambat. Akibatnya, pengiriman akan berjalan tidak sesuai dari estimasi yang telah ditentukan sebelumnya. Inilah yang membuat sebuah proses pengiriman barang tidak dapat diprediksi.

Kendala seperti penutupan jalan secara mendadak, kemacetan lalu lintas, maupun bencana alam, dapat menimbulkan tantangan bisnis online dalam proses pengiriman barang. Terlebih jika visibilitas pengiriman dapat dipantau secara real time, tentu hal ini akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Akibatnya, pebisnis yang tidak dapat memenuhi timeline distribusi barangnya dapat menyebabkan kerugian di segala hal.

2. Proses penundaan pengiriman barang

peranan logistik

Dalam proses pengiriman barang, kendala seperti alamat tujuan yang salah, penulisan alamat yang tidak jelas, bahkan alamat tujuan yang berada di daerah terpencil dapat mempengaruhi proses pengiriman. Kendala-kendala tersebut biasanya menyebabkan penundaan proses pengiriman yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Karena penundaan tersebut membuat estimasi pengiriman barang menjadi lebih lama, bahkan pebisnis dapat juga melakukan upaya pengiriman ulang jika kurir mengembalikan barangnya kembali ke penjual saat terjadi kendala tersebut.

Inilah salah satu tantangan bisnis online yang sangat merugikan penjual atau pebisnis. Pemilihan rute yang tidak efisien, pengalaman kurir dalam mengirim barang yang belum optimal, serta penghentian atau proses gudang yang berkepanjangan dan tidak terjadwal.

3. Biaya pengiriman yang boncos

kemudahan akses pelacakan

Saat ini durasi pengiriman barang menjadi salah satu indikator terpenting dalam pengiriman barang. Karena yang dicari konsumen ketika membeli barang secara online adalah kecepatan barang diproses dan diterima oleh konsumen. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu tantangan bisnis online. Pebisnis harus mencari cara agar pengiriman barangnya dapat cepat dilakukan. Pebisnis harus tepat dalam memilih jasa pengiriman.

Jasa pengiriman yang memberikan layanan pengiriman barang cepat juga biasanya mematok biaya pengiriman yang tinggi. Inilah yang akhirnya membuat biaya pengiriman menjadi boncos. Konsumen ingin biaya pengiriman yang terjangkau, namun barang cepat sampai. Jadi inilah peran pebisnis dalam memilih jasa pengiriman yang tepat sangat penting. Karena jasa pengiriman menawarkan harga yang berbeda jika ingin mendapatkan proses pengiriman yang cepat.

Dari ketiga tantangan bisnis online tersebut, terdapat satu solusi jitu bagi pebisnis menghadapi tantangan bisnis online mereka. Apa solusinya? Yakni menggunakan jasa pengiriman dari Access Logistik.

Menggunakan Jasa Pengiriman dari Access Logistik

Access Logistik adalah jasa pengiriman barang yang dapat menjadi penghubung antara kebutuhan bisnis online Anda dengan konsumen. Access Logistik menyediakan berbagai jenis transportasi logistik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman barang bisnis online Anda. Sehingga semua pengiriman barang Anda dapat langsung diangkut dan didistribusikan langsung ke tangan konsumen.

Access Logistik menjadi solusi tepat bagi tantangan bisnis online yang dihadapi para pebisnis dalam proses pengiriman barang, baik untuk bisnis skala kecil maupun besar, milik sendiri maupun franchise, dan online maupun offline. Access Logistik menyadari bahwa kebutuhan pengiriman barang setiap bisnis sangatlah penting. Tidak hanya dalam kebutuhan pengiriman yang rutin, tetapi dapat juga membantu pebisnis saat terjadi proses pengiriman yang mendadak. 

Layanan pengiriman yang ditawarkan Access Logistik juga beragam, mulai dari layanan door to door hingga ke layanan port to port. Access Logistik juga memberikan kemudahan tracking barang saat proses pengiriman berlangsung adanya asuransi pengiriman barang yang mempermudah serta memberi jaminan keamanan dan keselamatan barang.

Selain itu Access Logistik juga memberikan harga pengiriman yang terjangkau dan kompetitif dari harga pasar. Sehingga dapat membuat biaya pengiriman Anda menjadi lebih hemat. Yang terpenting juga adalah Access Logistik menyediakan layanan asuransi pengiriman barang yang dapat menjamin keamanan barang Anda hingga sampai ke tangan konsumen dengan aman. 

Solusi pengiriman barang yang tepat untuk menghadapi tantangan bisnis online Anda adalah dengan menggunakan jasa pengiriman dari Access Logistik. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran menarik seputar pengiriman barang dan konsultasikan permasalahan pengiriman barang Anda dengan kami sekarang juga. 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article