keterlambatan pengiriman paket

Sering Terjadi Keterlambatan Pengiriman Paket, Harus Ngapain Ya?

Ekspedisi manapun, baik di website maupun di kantor pusat maupun cabang, memberikan informasi mengenai estimasi waktu pengiriman. Namun, tidak selamanya ekspedisi mampu mengirimkan paket sesuai estimasi. Ada kalanya terjadi keterlambatan pengiriman paket.

Keterlambatan pengiriman paket ini hanya sering terjadi pada diri Anda. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan, berikut ini penjelasannya. 

keterlambatan pengiriman paket
Deskripsi: keterlambatan pengiriman paket terjadi terus-menerus, ada langkah yang harus diambil oleh penerima paket! 

Alasan keterlambatan pengiriman paket

keterlambatan pengiriman paket

 

Pada waktunya, keterlambatan pengiriman paket terjadi, hal ini umum terjadi pada seluruh ekspedisi. Ada beberapa alasan keterlambatan pengiriman paket, diantaranya sebagai berikut: 

  • Workflow yang ada di dalam perusahaan logistik ini berubah-ubah, tidak menetap. Sehingga barang yang dikirimkan terlambat.
  • Alamat penerima paket tidak jelas.
  • Data yang tercantum pada paket tidak valid atau tidak lengkap. 
  • Paket yang hilang di perjalanan. 
  • Cuaca yang tidak mendukung.
  • Peraturan pemerintah yang memperlambat kondisi pengiriman paket. 

Upaya agar tidak keseringan mendapatkan keterlambatan paket

Solusi keterlambatan pengiriman paket? Tidak hanya pihak ekspedisi yang berusaha untuk mengantarkan paket walaupun telat, penerima paket harus memperhatikan beberapa hal agar keterlambatan pengiriman paket tidak terjadi, sebagai berikut: 

Alamat paket sudah benar atau belum? 

Terlalu sering mendapati keterlambatan pengiriman paket? Yuk sebelum input data, pastikan bahwasanya alamat paket sudah benar. Sedikitpun kesalahan, baik itu dalam bentuk penomoran gang. Hal itu dapat menghambat pengiriman barang ke tempat Anda. Bukan kesalahan pihak ekspedisi keseluruhan, jika barang Anda terlambat. Mengingat bahwasanya, ada kesalahan internal dari diri sendiri. 

Pastikan untuk mengecek kembali alamat. Apa saja yang sekiranya dicek? Nama, nama jalan, nama / nomor gang, Rt/Rw, nomor rumah, kecamatan, kabupaten, kota, maupun provinsi. 

Satu lagi, berhentilah Anda mengasumsikan bahwasannya alamat rumah dapat ditemukan dengan mudah. Tidak semua orang tahu alamat Anda, termasuk kurir Jasa Pengiriman Paket. Dengan alamat yang lengkap tentu, proses pengiriman oleh jasa pengiriman barang menjadi lebih efektif dan berjalan lancar. 

Apakah nomor yang tercantum aktif? 

Layanan door to door, layanan door to port, atau layanan lainnya, pasti Anda mencantumkan nomor penerima paket atau nomor diri sendiri. Pastikan bahwasanya Anda mencantumkan nomor yang benar-benar aktif. Apabila bisa, Anda tracking paket yang ditunggu-tunggu. Apabila sudah mencapai kabupaten atau kota Anda, aktifkan nomor Anda. Jangan dibisukan. 

Biasanya para kurir akan menanyakan titik lokasi Anda yang benar. Bahkan, apabila para kurir kebingungan, biasanya akan menanyakan warna rumah dan rumah dekat dengan apa. 

Bersosialisasi dengan tetangga

Apakah Anda pendatang baru? Kondisi paket selalu saja datang terlambat. Ini sebuah pertanda bahwasannya Anda perlu melakukan interaksi sosial dengan para tetangga. 

Apabila Anda tidak bersosialisasi sama sekali dengan tetangga, Anda tidak akan dikenal. Saat Anda tidak dikenal, apalagi kurir bertanya ke tetangga mengenai alamat rumah Anda dan tetangga Anda tidak mengenal sama sekali, serta tidak tahu dimana rumah Anda. Bayangin saja? Makin kesusahan di Anda tentunya. 

Memanfaatkan layanan pop box

Siapa yang sering sekali sibuk? Cocok sekali untuk Anda yang sibuk menggunakan layanan pop box.  Jadi, apabila paket berjalan maka tidak akan langsung ke rumah Anda. Melainkan, paket yang Anda miliki berhenti di pop box, contohnya di minimarket atau kantor. Ketika Anda menggunakan pop box, sudah tidak ada lagi yang namanya salah sasaran alamat. Semuanya sudah disesuaikan dengan pin box. Dengan adanya pop box, Anda lebih fleksibel menunggu dan mengambil paket dari kurir saat ini. 

Menentukan tanda peta yang sesuai

Sering sekali paket tidak sampai di tempat dengan tepat waktu. Kesalnnya lagi, paket yang dibawa merupakan paket urgent dan harus segera dikenakan, seperti baju buat acara. Sejak kejadian itu, sebelum Anda memesan produk online dan perlu dikirimkan. Anda harus bisa menyesuaikan atau menentukan tanda peta yang sesuai. Walaupun, sebenarnya Anda tidak terlalu pintar membaca maps. 

Hal ini menjadi kunci utama agar Anda tidak lagi mendapatkan paket yang telat.  Anda harus tahu apabila penempatan titik peta salah, sedikit saja. Anda bisa menyesatkan kurir ke tempat-tempat lain yang tak seharusnya mengirim barang di sana. 

Memperhatikan kembali estimasi waktu 

Pastikan kembali, apabila Anda mengirim barang atau menerima barang di ekspedisinya telah mengecek estimasi waktunya. Biasanya, ekspedisi menawarkan beberapa paket, seperti paket hemat, reguler, maupun express. Jangan sampai Anda lupa, Anda memilih paket hemat tapi menunggu paket begitu cepat dan menganggap bahwasannya seperti menggunakan paket express. Bahkan, Anda sampai menelpon pihak ekspedisi, mengapa paket tidak dengan segera datang. Jangan seperti itu. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah membuat simbol atau tanda dalam pengiriman paket anda, titik jemput atau antar yang sesuai. 

Kalau memang estimasi waktu terlambat dan Anda telah melihat perkiraan waktu dari pihak ekspedisi, Anda bisa menghubungi langsung call center ekspedisi. Hal ini lebih baik untuk Anda lakukan agar mendapatkan kepastian. Sebelum Anda memilih ekspedisi, pastikan bahwasanya ekspedisi tersebut mempunyai asuransi pengiriman barang agar apabila ada kerusakan dapat diganti oleh pihak ekspedisi.  

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Article